Tanda-tanda Asam Urat

Pengetahuan tanda-tanda asam urat sangat penting baik untuk kita yang sudah terserang penyakit asam urat atau yang masih dalam keadaan sehat segar bugar.

Bagi kita yang sudah terjangkit oleh salah satu atau sebagian tanda-tanda asam urat maka akan menjadikan kita lebih mudah melakukan antisipasi agar tanda awal asam urat ini tidak merembet menyebar pada yang lebih parah.

Adanya tanda awas dari asam urat yang tidak segera ditangani dengan cepat akan menjadikan tanda awal tersebut berubah kepada tanda yang lebih kronis. Tanda-tanda yang suadah kronis tentu akan lebih menyulitkan kita untuk mengobati dan menyembuhkan.

tanda-tanda asam urat

Perlu untuk kita cermati adalah bahwa gejala awal dari asam urat dapaat dirasakan sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya mahal untuk melakukan cek medis di rumah sakit. Oleh karena itu apabila salah satu dari tanda-tanda asam urat di bawah ini menimpa anda dan telah mempengaruhi tubuh anda, segeralah melakukan tindakan pencegahan melalui hidup shat dan olahraga serta diet yang teratur.

Tanda-tanda Asam Urat

  • Tanda Tahap Awal

Tahap pertama disebut tahap artritis gout akut atau peradangan asam urat akut. Pada tahap ini penderita akan mengalami serangan artritis yang khas dan serangan tersebut akan menghilang tanpa pengobatan dalam waktu 5 – 7 hari. Karena cepat menghilang, maka sering penderita menduga kakinya keseleo atau kena infeksi sehingga tidak menduga terkena penyakit asam urat dan tidak melakukan pemeriksaan lanjutan.

Bahkan, dokter yang mengobati kadang-kadang tidak menduga penderita sudah terserang penyakit asam urat tahap awal. Karena serangan pertama kali ini sangat singkat waktunya dan sembuh sendiri, sering penderita berobat ke tukang urut dan waktu sembuh menyangka hal itu disebabkan hasil urutan/pijatan. Padahal, tanpa diobati atau diurut pun serangan asam urat tahap pertama ini akan hilang sendiri.

Setelah serangan pertama, penderita akan masuk pada gout interkritikal. Pada keadaan ini penderita dalam keadaan sehat selama jangka waktu tertentu. Jangka waktu antara seseorang dan orang lainnya berbeda. Ada yang hanya satu tahun, ada pula yang sampai 10 tahun, tetapi rata-rata berkisar 1 – 2 tahun. Panjangnya jangka waktu tahap ini menyebabkan seseorang lupa bahwa ia pernah menderita serangan artritis gout atau menyangka serangan pertama kali dahulu tak ada hubungannya dengan gejala penyakit asam urat.

  • Tanda Tahap Kedua

Tanda-tanda asam urat tahap kedua disebut sebagai tahap artritis gout akut intermiten. Setelah melewati masa gout interkritikal selama bertahun-tahun tanpa gejala yang berarti, penderita akan memasuki tahap ini, ditandai dengan serangan artritis atau peradangan yang khas. Selanjutnya penderita akan sering mendapat serangan (kambuh) yang jarak antara serangan yang satu dan serangan berikutnya makin lama makin rapat dan lama, serangan makin lama makin panjang, serta jumlah sendi yang terserang makin banyak. Pada tanda dan gejala asam urat tahap kedua inilah penderita baru menyadari kalau dia sudah terkena serangan penyakit asam urat. Penanganan pada tahap kedua ini tentu akan lebih sulit ketimbang pada tahap pertama.

  • Tanda-tanda Asam Urat Tahap Ketiga

Tanda-tanda penyakit asam urat tahap ketiga disebut sebagai tahap artritis gout kronik bertofus. Tahap ini terjadi bila penderita telah menderita sakit selama 10 tahun atau lebih. Pada tahap ini akan terjadi benjolan-benjolan di sekitar sendi yang sering meradang yang disebut sebagai tofus. Tofus ini berupa benjolan keras yang berisi serbuk seperti kapur yang merupakan deposit dari kristal monosodium urat. Tofus ini akan mengakibatkan kerusakan pada sendi dan tulang di sekitarnya. Tofus pada kaki bila ukurannya besar dan banyak akan mengakibatkan penderita tidak dapat menggunakan sepatu lagi.

Berdasarkan uraian tentang tanda-tanda asam urat di atas, maka jelaslah bagi kita betapa pentingnya pengetahuan ini. Dengan pengetahuan ini kita akan mudah melakukan pendeteksian sedini mungkin apabila kita terserang tanda – tanda asam urat ini.

Tanda-tanda Asam Urat