Sayuran Sehat Untuk Penderita Asam Urat

Asam urat kambuh? Caranya mudah sekali mengkonsumsi sayuran sehat untuk penderita  asam urat yang dapat menetralisir kadar asam urat menjadi normal.

Pada dasarnya uji medis asam urat dilakukan di laboratorium dengan menggunakan 2 teknik yaitu teknik enzimatik dan teknik konvesional. Hasil dari uji medis via enzimatik ditemukan kadar asam urat maksimal ialan 7 miligram sedangkan hasil dari uji konvesional ditemukan kadar asam urat maksimal 8 miligram. Kalau dari uji laboratorium telah dideteksi bahwa pasien memiliki kadara asam urat diatas nilai wajar makan bisa dipastikan sang pasien menderita hiperurisemia.

Dari penelitian medis terbaru menyatakan bahwa untuk mengobati penyakit asam urat, atau agar asam urat tidak semakin parah, alangkah baiknya anda mengurangi kadar asupan syuran yang banyak mengandung purin.Gantilah dengan mengkonsumsi sayur segar yang tidak memiliki purin.

Mengkonsumsi sayuran untuk penderita asam urat bukan pengobatan, tapi cara ini sangat efektif untuk menurunkan asam urat anda hingga ke tingkat normal. Penyakit asam urat timbul karena jumlah zat asam urat yang asa pada tubuh anda berlebihan. Ginjal tidak mampu memproses semuanya dan akhirnya tersimpan di sendi-sendi yang di kemudian hari menyebabkan sakit asam urat.

Oleh krena itu, anda perlu menurunkan resiko terkena asam urat dnegan mengurangi pasokan zat purin kadar tinggi yang membuat tubuh anda menghasilkan banyak asam urat. Cara nya ada 2 yaitu :

  1. Menghindari makanan dengan kandungan purin berkadar tinggi.
  2. Mengkonsumsi makanan dan sayuran untuk asam urat.

Sayuran Sehat Untuk Penderita Asam Urat

Sayuran Sehat Untuk Penderita Asam Urat

  • Seledri

Biasanya kita menjumpai daun seledri sebagai salah satu bahan olahan makanan, seperti sup, pasta, salad, dan berbagai olahan lainnya. Selain menyedapkan masakan, ternyata banyak khasiat yang terkandung di dalam daun seledri seperti untuk mencegah terjadinya infeksi di daerah kelamin serta bahaya infeksi saluran kencing. Selain itu, ternyata daun seledri juga berkhasiat untuk membantu menurunkan kadar asam urat serta kadar kolesterol dalam darah. Mengapa hal ini bisa terjadi?

– Meskipun bentuknya kecil, akan tetapi kandungan vitamin C di dalam daun seledri jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah jeruk. Dan kandungan vitamin C inilah yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Cobalah untuk mengkonsumsi air rebusan daun seledri. Cara membuatnya adalah cukup dengan merebus daun seledri dengan segelas air hingga mendidih. Setelah dingin, minumlah ramuan tersebut. Lakukan hal ini setidaknya sekali dalam sehari. (baca juga: 34 makanan  yang mengandung vitamin C paling tinggi)

– Dalam seledri (khususnya pada batang seledri) juga terkandung zat diuretik yang telah dipercaya mampu membuang kristal-kristal asam urat yang menumpuk pada sendi atau di daerah sekitar sendi. selain itu, kandungan anti-inflamasi yang terdapat dalam seledri dapat membantu penderita asam urat untuk mengurangi terjadinya pembengkakan dan timbulnya rasa nyeri pada daerah sendi.

  • Sawi Hijau

Sawi hijau merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak digemari oleh masyarakat. Nama asing dari sayuran ini adalah mustard atau green mustard. Umunya, sayuran ini diolah dengan cara ditumis, oseng-oseng, atau digunakan sebagai pelengkap dalam hidangan mie, bakso, gado-gado, dan berbagai jenis makanan lainnya.

Di balik itu semua, ternyata sawi hijau menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita, di antaranya adalah berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol serta kadar asam urat dalam tubuh kita. hal ini dikarenakan adanya berbagai kandungan nutrisi seperti serat, vitamin C, vitamin E, beta karoten, kalium,  fosfor, zat besi dan kalsium yang mampu mencegah terjadinya oksidasi LDL dalam tubuh.

  • Sawi putih

Tidak hanya sawi hiaju saja, sawi putih pun juga berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dan asam urat dalam tubuh. Kandungan vitamin C, vitamin E, dan betakaroten yang ada pada sayuran ini dapat membantu mencegah terjadinya oksidasi kolesterol jahat (LDL). Dengan begitu bisa dikatakan bahwa dengan mengkonsumsi sawi putih, maka akan dapat membantu menurunkan resiko seseorang terkena penyakit kardiovaskular. Selain itu, kandungan fitonutrient yang ada pada sawi putih juga dipercaya mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh, yaitu dengan melancarkan saluran kecing, di mana asam urat nantinya akan keluar dari tubuh melalui air kencing.

  • Labu Kuning

Labu kuning memiliki rasa yang manis, dengan kulit yang tebal dan berwarna orange (kuning tua). Warna tersebut menandakan bahwa sayuran tersebut banyak mengandung betakaroten. Selain itu, labu kuning juga sarat akan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kita, seperti serat, vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalium, zat besi, selenium, zinc, dan berbagai nutrisi lainnya. Kandungan serat dalam labu kuning sangat baik untuk membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam sayuran tersebut juga sangat baik bagi kesehatan organ ginjal, di mana ginjal merupakan organ tubuh yang berperan penting dalam proses penyaringan makanan maupun minuman yang masuk ke dalam tubuh kita. dengan begitu bisa dikatakan bahwa labu kuning juga sangat baik untuk membantu mengontrol kadar asam urat dalam tubuh kita.

  • Serai

Serai adalah salah satu jenis tanaman herbal yang banyak kita jumpai di pekarangan maupun di kebun-kebun penduduk. Selain berguna sebagai penyedap masakan, serai juga banya memiliki khasiat bagi kesehatan kita. berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa serai memiliki sifat anti-hiperlipidemia serta anti-hiperkolesterolemia. Ini artinya bahwa serai merupakan tanaman herbal yang mampu mendukung terciptanya kadar kolesterol yang sehat, yaitu dengan mempertahankan tingkat sehat trigliserida serta mengurangi kadar LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh.

Selain itu, serai juga berfungsi memiliki sifat diuretik yang bertindak sebagai detoksifikasi bagi tubuh. Itu artinya bahwa serai akan dapat membantu mengeluarkan racun-racun darii dalam tubuh kita. melalui proses detoksifikasi yang terjadi tersebut, artinya berbagai organ tubuh kita termasuk hati dan ginjal akan terbebas dari racun-racun berbahaya, sehingga dengan demikian kadar asam urat dalam tubuh pun bisa terkontrol dengan baik.

Itulah beberapa daftar makanan  untuk penderita asam urat. Salah satu yang paling penting saat kadar asam urat tinggi perbanyak konsumsi air putih minimal 10-12 gelas perhari, hal ini mampu membantu tubuh mengeluarkan kandungan asam urat dalam tubuh. Semoga bermanfaat.

Sayuran Sehat Untuk Penderita Asam Urat