Perbedaan Asam Urat Dan Rematik

Hal yang perlu anda ketahui mengenai perbedaan asam urat dan rematik agar tidak terjadi kesalahan dalam penanganan dan pengobatannya.

Dikalangan umum masyarakat banyak sekali yang masih berfikir bahwa penyakit asam urat dan rematik itu sama, padahal keduanya jelas sangat berbeda. Asam urat dan rematik merupakan penyakit yang berbeda. Asam urat adalah salah satu jenis penyakit rematik, namun penyakit rematik belum tentu penyakit asam urat. Dalam artiannya seperti ini misal orang yang mengidap asam urat berarti besak kemungkinan mengidap penyakit remati. Namun jika orang tersebut mengidap penyakit rematik itu belum tentu juga mengidap penyakit asam urat.

Dalam segi akibatnya juga banyak perbedaan antara asam urat dan rematik. Jika penyakit asam urat ini diakibatkan oleh adanya penumpukan zat purin yang berlebih, sehingga kadar asam urat mengkristal di daerah persendian, sedangkan dari penyakit rematik ini dapat diakibatkan oleh banyak sebab dan faktor salah satunya ialah faktor usia.

Survei membuktikan kebanyakan penderita rematik ini yang telah memasuki usia lanjut atau sekitaran 60 tahun ke atas, penyakit asam urat biasanya menimbulkan rasa sakit dan nyeri pada bagian atau titik persendiansedangkan dari penyakit rematik ini pada umumnya menyerang lebih luas pada bagian tubuh seperti pinggang, bahu, leher, serta persendian lainnya bahkan diiringin dengan pengapuran.

perbedaan asam urat dan rematik

Perbedaan asam urat dan reumatik yang harus diketahui, pertama adalah tentang pengaruhnya. Penyakit reumatik ternyata bisa mencakup banyak penyakit dan berpengaruh besar menimbulkan penyakit lain. Asam urat adalah bagian dari pengaruh tersebut. Jadi, jika seseorang sudah diindikasi menderita reumatik, maka asam urat pun beresiko akan diidapnya juga.

Walaupun asam urat diketahui sebagai penyakit yang disebabkan pola hidup yang tidak sehat. Namun, sudah diketahui juga bahwa penyebabnya di dalam tubuh adalah adanya persendian yang tertutupi kristal asam urat sehingga susah digeraka. Sedangkan untuk indikasi yang terjadi kenapa reumatik dalam tubuh terjadi, penyebabnya banyak dan tidak seperti kristal asam urat.

Reumatik tidak seperti asam urat. Jika asam urat menyerang titik-titik persendian pada kaki, maka ruamtik lebih luas lagi serangannya. Punggung, bahu, leher, hingga pinggang akan merasakannya. Salah satu penyebabnya adalah sendi yang terinfeksi atau bisa juga karena adanya pengapuran. Bahkan dari kesemua penyebabnya yang diketahui ada berjumlah 90 sebab, satu diantaranya adalah karena kristal asam urat yang menumpuk.

Untuk mengetahui perbedaan asam urat dan reumatik, sebetulnya ada cara sederhananya yaitu mengeceknya ke laboratorium. Pengecekan bisa dilakukan dengan memerikasakan kadar asam urat dalam tubuh. Jika diketahui asam urat tinggi, maka penderita perlu waspada karena reumatik juga berarti telah berpotensi menyerang penderita sebelumnya.