Penyebab Asam Urat

Hati-hati jangan asal memvonis penyebab asam urat kali belum tahu penjelasan lebih detailnya, mari kita simak berikut ini.

Berjumpa kembali di salah stau website resmi milik Alfian Herbal yang merupakan distributor resmi pusat penjualan obat herbal produk green world secara online yang  aman, mudah dan terpercaya. Kesempatan kali ini kami akan memberikan sedikit informasi kepada anda semua mengenai salah satu penyakit yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang dan kaliini meliputi tentang penyebab asam urat. Akhir-akhir ini sering kali kita mendengar orang yang telah lanjut usia mengalami sakit asam urat.

Penumpukan asam urat di dalam sendi adalah penyebab penyakit asam urat. Asam urat sejatinya merupakan limbah yang terbentuk dari penguraian zat purin yang ada di dalam sel-sel tubuh. Sebagian besar asam urat dibuang melalui ginjal dalam bentuk urine dan sebagian kecil lainnya dibuang melalui saluran pencernaan dalam bentuk tinja.

Jika asam urat yang dibuang dari tubuh jauh lebih sedikit dari jumlah yang diproduksi, maka asam urat akan menumpuk dan membentuk kristal-kristal tajam natrium urat berukuran mikro yang bermuara di dalam sendi atau di sekeliling jaringan sendi. Ketika kristal-kristal tajam tersebut masuk ke ruang persendian dan mengganggu lapisan lunak sendi, maka terjadilah peradangan yang terasa sangat sakit.

Ada beberapa faktor yang bisa memicu naiknya kadar asam urat di dalam darah, salah satunya adalah makanan berzat purin tinggi yang kita konsumsi. Contoh-contoh makanan tersebut adalah jeroan hewan (ginjal, hati, jantung), hidangan laut (kerang-kerangan, kepiting, ikan teri, ikan makarel), dan daging merah (sapi, kambing, kerbau).

Selain makanan, kita juga bisa berisiko mengalami penumpukan sama urat di dalam darah jika mengonsumsi minuman manis (baik gula buatan maupun alami) dan minuman beralkohol secara berlebihan.

Risiko terkena penyakit asam urat juga tinggi bagi orang-orang yang sedang menjalani pengobatan menggunakan obat-obatan jenis tertentu, misalnya niacin, aspirin, obat penghambat enzim pengubah angiotensin (ACE inhibitor), obat penghambat beta (beta blocker), sislosporin, diuretik, dan obat-obatan kemoterapi.

Penyebab asam urat

Baca Juga : Pengobatan Asam Urat

Sedangkan jika dipandang sebagai bentuk komplikasi, penyakit asam urat berisiko tinggi dialami oleh orang-orang yang sedang menderita penyakit ginjal kronik, penyakit diabetes, hipertensi, obesitas, kolesterol tinggi, osteoarthritis, psoriasis, dan sindrom metabolisme.

Terlepas dari keempat faktor pemicu di atas, penyakit asam urat juga diduga masuk ke kelompok penyakit turunan alias penyakit genetik. Ini artinya mereka yang memiliki anggota keluarga berpenyakit asam urat berisiko mengalami kondisi yang sama. Menurut penelitian, proporsi dari risiko ini adalah 20 persen.

Lebih sedikitnya jumlah perempuan yang terkena penyakit asam urat dibandingkan laki-laki kemungkinan terkait dengan kondisi menopause. Setelah perempuan mengalami menopause, kadar asam urat dapat meningkat dan mulai merasakan gejala-gejala penyakit asam urat.

Terlepas dari faktor-faktor di atas, ada juga sebagian orang yang memiliki kadar asam urat tinggi dalam darah mereka, namun tidak ditemukan pembentukan kristal-kristal natrium urat pada sendi-sendinya. Selain itu, di antara sebagian orang yang memiliki kadar asam urat yang sama pun, tingkat kerentanan mereka akan berbeda-beda. Mengenai hal tersebut, hingga kini belum ada penjelasan yang pasti.

Penyakit asam urat timbul akibat dari zat purin yang berlebih didalam tubuh. Kemudian purin yang berlebih tersebut diolah menjadi asam urat, jika hal ini terjadi maka ginjal tidak bisa mengeluarkan, yang pada akhirnya kristal asam urat di persendian akan menumpuk. sehingga akan membuat rasa nyeri, radang, dan bengkak.

Ketahui Penyebab Asam Urat

Penyebab asam urat bermacam-macam serta gejala yang di timbulkan. Untuk menghindari penyakit ii, sebaiknya Anda juga harus ketahui penyebab asam urat serta gejalanya seperti berikut:

  • Obesitas

Kegemukan atau kelebihan berat badan merupakan penyebab penyakit asam urat. Bukan hanya itu obesitas juga dapat memicu berbagai komplikasi penyakit lain.

  • Konsumsi minuman keras

Orang yang gemar minum minuman keras memiliki risiko yang tinggi terhadap penyakit asam urat.

  • Konsumsi makanan tinggi zat purin

Penyakit asam urat juga bisa disebabkan karena makanan. Salah satunya yaitu makanan yang tinggi akan kandungan zat purin seperti daging, ikan dan telur. Konsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi dan berminyak akan memicu serangan asam urat.

  • Akibat diet

Penyakit asam urat juga bisa dipicu akibat melakoni diet yang terlalu ketat. Terkadang akibat menjalani diet seseorang akan merasa kelaparan sehingga kadar asam urat pada darah akan meningkat secara drastis ketika protein tubuh dipecah menjadi energi.

  • Penyakit ginjal

Asam urat tinggi juga bisa dipicu karena adanya gangguan pada fungsi ginjal. Misalnya penyakit gagal ginjal kronis sehingga membuat ginjal gagal berfungsi sebagaimana mestinya.

  • Penyakit tertentu

Penyakit lain yang dapat memicu asam urat yaitu leukemia, psiorasis sehingga menyebabkan produksi asam urat.

  • Obat-obatan

Obat obatan yang kita konsumsi ternyata juga mempengaruhi produksi asam urat sehingga dalam jangka panjang cukup berbahaya. Terutama obat-obatan warung yang banyak mengandung zat kimia.

Jika penderita penyakit asam urat telah parah sampai tidak dapat berjalan karena persendian sakit apabila digerakan. Tulang sekitar sendi juga dapat keropos dan mengalami pengapuran tulang. Dan apabila anda sudah menderita penyakit asam urat untuk segera melakukan pengobata asam urat agar kondisi tidak menjadi semakit parah.

Itulah yang bisa kami informasikan untuk anda penyebab asam urat, semoga dengan mengetahu [enyebab kita lebih siap dalam mengatasinya. Terima kasih atas kunjungan di website resmi kami. Salam Sehat.

Penyebab Asam Urat