Menghindari Makanan Pantangan Asam Urat

Menderita asam urat harus menghindari gaya hidup yang kurang baik dan juga menghindari makanan pantangan asam urat untuk menjaga pola makan yang baik.

Banyak masyarakat yang bertanya-tanya mengenai apa saja makanan pantangan asam urat yang harus mereka hindari. Hal ini tidak mengherankan mengingat angka penderita penyakit sendi ini cukup banyak di Indonesia. Asam urat merupakan suatu penyakit dimana di dapatkan kandungan asam urat di darah dalam kadar yang tinggi. Penyakit ini jarang menyebabkan kematian, namun dapat menyebabkan nyeri yang luar biasa hingga kecacatan.

Penyebab dari penyakit asam urat bermacam-macam. Namun penyebab paling sering di Indonesia adalah karena keturunan atau genetik, dimana terjadi kelainan pembuangan kadar asam urat, yaitu dibuang di urun dalam kadar yang lebih sedikit dibanding orang normal sehingga kadara asam urat dalam darah meningkat. Keadaan asam urat yang  tinggi suatu saat memicu timbulnya nyeri atau serangan asam urat pada persendian.

Menghindari Makanan Pantangan Asam Urat || Salah satu yang memicu timbulnya serangan pada penyakit asam urat adalah kadar asam urat yang tinggi di dalam darah. Kadar asam urat ini dapat dipengaruhi oleh makanan apa saja yang kita konsumsi, terutama oleh makanan pantangan asam urat yang mengandung kadar asam urat yang tinggi. Dengan menghindari makanan pantangan asam urat, diharapkan kadar asam urat dalam darah menurun dan orang tersebut menjadi jarang mendapat serangan asam urat yang menyakitkan tersebut.

Pada prinsipnya, cara mengatasi asam urat adalah dengan mengurangi makanan pantangan asam urat, bahkan beberapa macam makanan yang mengandung kandungan asam urat yang tinggi sebaiknya sama sekali dihindari dan dipantang. Selain itu, disarankan juga bagi penderita asam urat untuk mengurangi konsumsi makanan berlemak, mengkonsumsi protein dalam jumlah yang sedang dan mengkonsumsi karbohidrat dalam persentase yang lebih tinggi. Dan sangat disarankan untuk minum air minimal 2.5 liter per harinya.

Menghindari makanan pantangan asam urat

Berikut adalah daftar makanan pantangan asam urat yang mengandung kandungan asam urat yang sangat tinggi:

Ekstrak Daging

Makanan pantangan asam urat yang pertama adalah ekstrak daging. Apa itu ekstrak daging? Ini merupakan suatu bubuk yang biasa dibuat menjadi kaldu bila dicampurkan dengan air. Meskipun kurang popular, beberapa penelitian kedokteran mengatakan bahwa ekstrak daging mengandung kadar asam urat yang sangat tinggi dan merupakan makanan pantangan asam urat.

Jeroan

Yang termasuk dalam kelompok makanan ini ialah usus, babat, otak, hati, paru-paru dan organ binatang lainnya. Ya, makanan pantangan asam urat nomor satu ini haruslah dihindari bahkan benar-benar dipantang. Kandungan asam urat yang dikandung dalam makanan ini sangatlah tinggi dikarenakan sel penyusun organ tersebut yang banyak dan menyumbang kadar asam urat yang tinggi.

Ikan

Tenang saja tidak semua ikan termasuk makanan pantangan asam urat. Anda hanya perlu menghindari dan memantang beberapa jenis ikan yang ternyata mengandung kadar asam urat yang tinggi. Beberapa jenis ikan yang harus Anda hindari adalah ikan sarden, herring, teri dan makerel. Disebutkan bahwa ikan kembung dan ikan tenggiri merupakan salah satu bagian dari ikan makerel juga. Cukup mengejutkan bahwa ternyata ikan ini mengandung kadar asam urat yang tinggi dan harus dihindari oleh penderita asam urat.

Kerang

Berbagai macam jenis kerang dapat menyebabkan serangan asam urat karena kadar asam uratnya yang tinggi. Makanan pantangan asam urat ini sebaiknya dihindari bagi Anda yang sering mengalami serangan asam urat, karena penelitian menunjukkan adanya hubungan antara banyak mengkonsumsi kerang dengan jumlah serangan asam urat.

Alkohol

Alkohol dalam bentuk apapun sebaiknya dihindari. Misalnya minuman beralkohol, rum atau makanan fermentasi yang mengandung alkohol. Terutama hindari minuman beralkohol. Metabolisme alkohol yang Anda konsumsi dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah sehingga dapat memicu terjadinya serangan asam urat.

Ragi dan Makanan yang Mengandung Ragi

Makanan pantangan asam urat lainnya ialah makanan yang mengandung ragi. Ragi dibutuhkan untuk pembuatan makanan seperti kue dan roti. Cukup mengejutkan memang bahwa makanan dengan ragi ternyata mengandung kadar asam urat yang tinggi dan sebaiknya dihindari. Penelitian menunjukkan bahwa pengurangan kadar ragi dalam menu makanan penderita asam urat ternyata menyebabkan serangan yang lebih jarang dan dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Kini, mari kita lihat makanan pantangan asam urat yang mengandung kandungan asam urat yang sedang. Karena makanan di kategori ini tidak terlalu banyak mengandung asam urat, tidaklah apa-apa mengkonsumsi makanan ini sekali-sekali.

Semua Jenis Daging

Daging merah atau pun putih ternyata mengandung kadar asam urat juga. Terutama, asam urat didapatkan dalam kadar yang lebih tinggi di daging merah. Namun karena kandungannya yang tidak terlalu banyak, sesekali menikmati daging merah seperti daging sapi bukanlah masalah besar.

Semua Makanan Laut

Makanan laut memang terkenal mengandung banyak kandungan asam urat. Namun, beberapa makanan laut ternyata hanya mengandung kadar asam urat dalam jumlah yang sedang. Jangan lupa menghindari ikan dan kerang yang telah disebutkan di atas karena mengandung kadar asam urat yang sangat tinggi.

Sayuran Hijau

Beberapa sayuran hijau seperti kangkung dan bayam serta sayuran lain seperti kacang-kacangan dan jamur memang meiliki kadar asam urat dalam jumlah yang sedang. Namun, jenis makanan ini menjadi kontroversi karena meski banyak dikatakan sering menyebabkan serangan asam urat, banyak penelitian yang mengatakan bahwa sayuran tidaklah memicu serangan asam urat. Malah, sayuran disarankan sebagai makanan yang baik bagi penderita asam urat karena dapat membantu menurunkan berat badan.

Itulah beberapa makanan pantangan asam urat. Menjaga pola makan dan menjaga asupan makanan menjadi hal penting dalam mencegah dan mengatasi asam urat.

Menghindari Makanan Pantangan Asam Urat