Makanan Penyebab Asam Urat

Asam urat akan kambuh bila tidak menjaga kesehatan pola makan dan gaya hidup yang baik seperti makanan penyebab asam urat yang bisa menjadi asam urat naik.

Memiliki asam urat memang menyiksan. Disaat asam urat kambuh, maka rasa sakitnya bisa terasa lama dua puluh empat jam atau seharian penuh pun bisa terasa sakit yang hebat. Salah satu tips menghindarinya adalah dengan tidak mengkonsumsi makanan penyebab asam urat yang akan kandungan zat purin yang menjadi pemicu penyakit sendi ini.

Makanan yang banyak mengandung purin bisa terdapat pada bagian daging hewan bagian otak, hati, ginjal, kaldu, dan jantung. Beberapa makanan lautikan makarel, ikan sarde, kerang dan lainnya juga tinggi kandungan purin. Makanan Penyebab Asam Urat.-

Makanan Penyebab Asam Urat

Purin merupakan zat yang paling banyak terdpaat pada proteun. Pada dasarnta purn berada di dalam semua sel makhluk hidup, maka hampir semua bahan makanan bisa menyebabkan asam urat. Berikut ini jenis makanan penyabab asam urat yang banyak mengandung purin dan bisa menyebabkan asam urat meningkat.

Makanan Penyebab Asam Urat

Jeroan Sapi

Jeroan sapi mengandung protein, mine5ral, dan vitami yang diperlukan tubuh untuk menjaga stabilitas kinerja organ di dalamnya. tetapi pada jeroan tersimpan banyak lemak jenuh dan kolestrol yang dapat membawa penyakit jantung. Makanan sedikit jeroan tidak akan berbahay bagi tubuh. Tetapi ada baiknya anda tidak terlalu sering makan jeroan karena purin pada jeroan tinggi, bila dikonsumssi berlebihan bisa menaikkan kadar asam urat.

Sarden

Sarden adalah jenis ikan yang dikenal akan kandungan asam lemak omega-3 nya yang berfungsi untuk perkembangan otak anak maupun orang dewasa. Keberadaan nutrisi penting tersebut memang baik, namun perlu anda ketahui kalau sarden termasuk ikan yang juga tinggi kandungan purin. Jadi tidak disarankan makan ikan sarden.

Daging Merah

Aneka olahan berbahan daging merah memang nikmat untuk disantap. Tapi terkadang Anda kepikiran mengenai bahaya dari daging merah yang mengintai kesehatan, sehingga tidak jadi makan dan beralih untuk konsumsi daging putih seperti daging ayam.

Meski daging merah menyimpan nutrisi yang penting untuk tubuh seperti protein, kalsium, zinc, vitamin B, dan vitamin D. Namun, keseringan konsumsi daging merah secara berlebihan dan terus menerus dapat menimbulkan risiko kesehatan. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan lemak jenuh dan kolesterol pada daging mreah yang dapat memunculkan masalah kardiovaskular seperti jantung koroner dan tekanan darah tinggi. Daging merah juga bisa memicu asam urat.

Hati Sapi

Seperti disebutkan di awal, hati sapi adalah satu bagian hewan yang layak konsumsi, tetapi tidak baik untuk kesehatan apabila frekuensi dalam mengonsumsinya terlalu sering. Hati sapi diketahui mengandung vitamin A dan B12, tetapi makanan ini menjadi pantangan untuk penderita kolesterol dan asam urat.

Dada Ayam

Pada dada ayam, apalagi bila dimakan bersamaan dengan kulitnya, bisa memasok zat purin sekitar 180 mg per 100 gramnya. Tubuh hanya memerlukan 15% zat purin dari makanan, jadi bijaklah dalam memilih makanan yang hendak dikonsumsi.

Lidah Sapi

Pada lidah sapi terdapat fungsi untuk mengatasi darah rendah atau anemia. Sebelum Anda mengonsumsi makanan ini karena fungsi yang dibawanya, ada baiknya dipikirkan terlebih dahulu karena lidah sapi juga tidak baik dikonsumsi dalam jumlah tinggi karena menyimpan zat purin yang cukup banyak.

Bayam

Konsumsi sayur bayam di Indonesia cukup tinggi, namun ternyata bayam juga merupakan bahan makanan penyebab asam urat yang mengandung purin dalam jumlah sedang.

Berdasarkan penelitian oleh Chinese Community Health Resource Center, bayam memiliki sekitar 50-150 mg kandungan purin dalam 100 gram. Untuk penderita asam urat sebaiknya dibatasi dalam mengonsumsi sayur bayam. Sebagai pengganti sumber zat besi, Anda dapat mengonsumsi tomat dan kentang yang tidak mengandung purin dalam jumlah besar.

Kembang Kol

Kembang kol, masih dalam oleh Chinese Community Health Resource Center, merupakan sayuran yang juga mengandung kadar purin sedang seperti bayam. Selain itu, memakan kembang kol dapat menimbulkan gas pada lambung, sehingga sebaiknya dihindari.

Havermut (Oatmeal)

Havermut termasuk olahan makanan yang mengandung purin dalam kadar sedang, sekitar 50-150 mg dalam 100 gramnya. Havermut banyak dijadikan menu sarapan. Untuk penderita asam urat, dapat mensubtitusi havermut dengan menu lain yang lebih rendah purin, seperti nasi, roti jagung, makaroni, mie atau spageti.

Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol memiliki efek 2 kali lipat lebih buruk sebagai penyebab asam urat dibandingkan daging atau makanan laut. Minuman beralkohol berpotensi meningkatkan kadar asam urat dan menyulitkan tubuh untuk menyingkirkan kelebihan asam urat. Minuman beralkohol yang mengakibatkan efek paling parah bagi penderita asam urat ialah bir.

Buah-Buahan Tertentu

Beberapa macam buah-buahan yang memiliki kadar purin tinggi antara lain durian dan alpukat. Sebaiknya konsumsi buah-buahan ini dihindari dan digantikan dengan buah lainnya seperti pisang, pepaya, dan jeruk.

Makanan Berlemak

Makanan yang diolah dengan lemak tinggi seperti menggunakan santan, mentega, margarin, atau gorengan sebaiknya juga dihindari. Menurut penelitian, lemak berlebih dapat menghambat ekskresi asam urat melalui urin, sehingga tertimbun di dalam tubuh.

Kaldu

Kaldu merupakan air rebusan dari daging untuk mendapatkan sari-sarinya. Kaldu banyak digunakan untuk memperkuat rasa masakan sehingga menjadi lebih enak. Namun, bagi para penderita asam urat, perlu dihindari makanan yang diolah dengan banyak kaldu, karena memicu kadar asam urat tinggi.

Udang

Setelah ikan, peringkat kedua untuk kandungan purin terbanyak pada makanan laut ialah udang. Dalam satu gram udang, terdapat sekitar 147 mg purin yang siap diubah menjadi asam urat dalam tubuh.

Di Indonesia, udang tidak hanya dimasak sebagai makanan laut, namun juga diolah menjadi bahan bumbu seperti terasi. Perhatikan terlebih dahulu apa-apa saja yang Anda makan agar tidak sampai terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kadar purin tinggi.

Lobster

Makanan laut lainnya yang berpotensi menyebabkan asam urat ialah lobster. Lobster mengandung sekitar 118 mg purin dalam 100 gram dagingnya. Di Indonesia lobster memang jarang menjadi menu utama, dan biasanya hanya dimakan pada saat perayaan-perayaan spesial, karena harganya yang juga tidak murah. Jadi sepertinya tidak terlalu sulit untuk menghindarinya, bukan?

Nah, itulah macam-macam makanan penyebab asam urat yang perlu anda ketahui. Walaupun tidak harus berhenti sama sekali, namun harusa sangat diperhatikan jumlah yang diasup agar asam urat tidak menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan serangan. Penting pula untuk minum sebanyak 8-12 gelas air perhari dan menjaga berat badan tetap ideal demi tubuh yang lebih sehat.

Makanan Penyebab Asam Urat