Komplikasi yang Disebabkan Oleh Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat disebabkan oleh terlalu banyaknya kandungan purin yang terdapat dalam tubuh, baik yang bersumber dari makanan yang dikonsumsi ataupun dari hasil metabolisme dalam tubuh. Selain itu, adapun faktor risiko atau penyebab penyakit asam urat diantaranya yaitu faktor genetik, obesitas, dan konsumsi makanan berkadar purin tinggi yang menjadi makanan pantangan asam urat.

Penyakit asam urat yang tidak ditangani dengan benar bisa menjadi penyakit yang melumpuhkan. Bahaya mengkonsumsi beberapa makanan yang tidak baik untuk penderita asam urat dapat mempengaruhi sendi, ginjal penderita asam urat seperti radang sendi, batu ginjal, gagal ginjal bahkan hiperurisemia atau peningkatan abnormal kadar asam urat dalam darah. Selain itu, penyakit asam urat juga bisa mengundang penyakit lain bila tidak segera ditangani dengan tepat. Berikut ini komplikasi yang disebabkan oleh penyakit asam urat.

Komplikasi yang Disebabkan Oleh Penyakit Asam Urat

Komplikasi yang Disebabkan Oleh Penyakit Asam Urat

Batu ginjal
Menurut data, sekitar 10%-25% penderita penyakit asam urat turut mengalami masalah batu ginjal. Hal ini dikarenakan, umumnya asam urat di dalam tubuh dikeluarkan dalam bentuk air seni melalui ginjal. Adakalanya asam urat tersebut menciptakan endapan-endapan di dalam ginjal, terlebih jika kadarnya yang tinggi. Apabila ukuran endapan masih kecil, maka tubuh akan membuangnya secara alami melalui salurah kemih. Namun, jika ukurannya terlalu besar, maka bisa menimbulkan penyakit batu ginjal.

Adapun gejala yang dirasakan, seperti timbul sensasi seperti selalu ingin buang air kecil, sakit saat buang air kecil akibat terganggunya aliran urine. Jika dibiarkan, penyakit ini bisa menyebabkan infeksi di dalam sistem kemih.

Timbulnya benjolan-benjolan atau tofi
Tofi adalah gumpalan-gumpalan kecil berwarna putih atau kuning di balik kulit yang terbentuk dari akumulasi kristal-kristal asam urat. Benjolan tofi ini umumnya muncul pada lutut, siku, jari kaki dan jari tangan, lengan, tumit atau bahkan telinga.

Kemunculan tofi menjadi sinyal bahwa pengobatan asam urat tidak boleh ditunda lagi. Perlu Anda ketahui, tofi yang meradang bisa pecah dan mengeluarkan cairan menyerupai pasta gigi yag terdiri dari campuran nanah dan kristal-kristal urat.

Kerusakan pada sendi
Kristal-kristal natrium urat yang terus menumpuk dan membentuk tofi di dalam sendi lambat laun bisa merusak sendi. Bukan hal yang mustahil jika kerusakan sendi secara permanen bisa terjadi apabila kondisi ini tidak kunjung ditangani. Jika sendi sudah rusak, maka operasi terpaksa harus dilakukan oleh dokter untuk memperbaiki atau menggantinya

Masalah psikologis
Perubahan suasana hati dan stress bisa saja dialami oleh penderita penyakit asam urat. Bukan hanya karena nyeri luar biasa yang dirasakan, tapi juga efek dari kondisi ini juga membuat rutinitas sehari-hari menjadi terganggu. Apabila dibiarkan, maka tidak mustahil bisa mengarah kepada depresi.

Jadi, itulah beberapa komplikasi yang disebabkan oleh penyakit asam urat yang perlu Anda waspadai dan harus segera ditangani.

| Komplikasi yang Disebabkan Oleh Penyakit Asam Urat