Daun Salam Untuk Pengobatan Asam Urat

Ramuan tradisional alami yang terbukti ampuh dan mujarab secara cepat dengan daun salam untuk pengobatan asam urat secara maksimal.

Daun Salam (Syzygium Polyanthum) lebih populer di dunia kuliner sebagai daun aromatik pelengkap bumbu masakan. Tak hanya sebatas negara-negara di Asia Tenggara, daun salam yang dikeringkan sebagai bumbu rempah juga digunakan chef dari Amerika dan Eropah.

Daun salam untuk pengobatan asam urat || Manfaat daun salam sebagai bumbu masakan terutama untuk menambah aroma dan menonjolkan rasa. Masakan berkuah hingga masakan rendang, tumisan, dan lain-lain selalu menyertakan daun salam sebagai bumbu pelengkap. Umumnya daun digunakan dalam keadaan kering dengan cara dimasukkan utuh ke dalam masakan.

Di berbagai daerah Salam memiliki nama yang berbeda-beda, diantaranya di Melayu : Ubar Serai, Sunda : Gowok, Madura : Salam, Kangean: Kastolam, Jawa: Salam, Manting, dan di Sumatera: Meselengan. Sedangkan di Malaysia disebut Samak, Kelat atau Serah. Dalam bahasa Tionghoa disebut Duo hua pu ta.

Pohon Salam dapat mencapai ketinggian hingga 30 meter terdapat di negara-negara di Asia Tenggara, tumbuh liar di hutan-hutan mulai dari tepi pantai hingga ketinggian 1.300 m di atas permukaan laut. Kayu pohonnya berwarna coklat jingga kemerahan dan bisa dipergunakan sebagai bahan bangunan dan perabot rumah tangga. Kulit batang pohon Salam mengandung tanin, biasanya digunakan sebagai bahan ramuan obat tradisional.

Bunga Salam muncul di bawah daun atau kadang-kadang pada ketiak. Bunganya berukuran kecil dan berbau harum, berbilangan-4; kelopaknya berbentuk seperti mangkuk dengan panjang sekitar 4 mm. Buah salam yang masak berwarna merah kecoklat-coklatan, berbau harum dan bisa dimakan.

daun salam untuk pengobatan asam urat

Kandungan kimia yang terdapat dalam tumbuhan ini adalah saponin, flavonoida, alkaloida, polifenol dan tanin, minyak atsiri, sitral, eugenol, seskuiterpen, triterpenoid, fenol, steroid, lakton, dan karbohidrat. Beberapa senyawa seperti minyak atsiri, tannin, dan flavonoid yang banyak terdapat dalam daun salam tersebut yang dapat menurunkan kadar asam urat dengan jalan menghambat kerja ezim xantin oksidase sehingga dapat menghambat pembentukan asam urat

Selain itu daun salam juga mengandung beberapa vitamin, di antaranya vitamin C, vitamin A, thiamin, riboflavin, niacin, vitamin B6, vitamin B12, dan folat. Bahkan mineral seperti selenium terdapat di dalam kandungan daun salam.

Bagian utama yang dimanfaatkan dari tumbuhan salam adalah daun, selain itu, kulit batang, akar, dan buah juga berkhasiat sebagai obat. Selain untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah, daun salam juga dapat digunakan untuk mengobati kolesterol tinggi, kencing manis, tekanan darah tinggi, sakit maag, dan diare.

Daun Salam berklasifikasi sebagai daun tunggal yang terletak berhadapan, dengan tangkai hingga 12 mm. Helai daun berbentuk lanset, 5-16 x 2,5–7 cm, dengan 6-11 urat daun sekunder, dan sejalur urat daun intramarginal nampak jelas dekat tepi helaian, berbintik kelenjar minyak yang sangat halus. Dalam daun salam kering terdapat sekitar 0,17% minyak esensial, dengan komponen eugenol dan methyl chavicol.

Daun Salam Untuk Pengobatan Asam Urat

Salah satu tanaman herbal alami yang dapat digunakan sebagai obat untuk mengobati asam urat adalah daun salam. Bagimana tanaman yang digunakan adalah saun yang masih segar atau yang sudah kering. Daun salam untuk pengobatan asam urat mampu memperbanyak urine (diuretik) sehingga dapat menurunkan kadar asam urat darah. Selain sebagai peluruh kencing, salam juga berkhasiat sebagai penghilang rasa nyeri. Daun salam juga sering digunakan untuk pengobatan tekanan darah tinggi, asam urat tinggi, kencing manis, mabuk alkohol, kudis, diare.

Dengan menggunakan daun salam untuk pengobatan asam urat yang dapat membantu mengatasi dan mengobati asam urat mulai dari mengurangi gejal-gejala asam urat seperti:

  • Rasa nyeri yang dapat timbul di saat tenah mala. Rasa nyeri ini umumnya timbul di bagian ibu jari kaki (sendi metatrsofalangeal pertama) atau jari kaki (sendi tarsal).
  • Terkadang timbul bengkak dibagian tubuh yang terasa sakit atau nyeri.
  • Rasa panas akibat nyeri dan bengkak.
  • Kulit berwwarna kemerahan.
  • Dapat disertai dengan demam dengan suhu tubuh 38.3 derajat celcius atau lebih dan dapat berlangsung selama 3 hari.
  • Muncul ruam kulit, sakit tenggorokan, lidah berwarna merah atau gusi berdarah.

Cara mengobati asam urat dengan menggunakan obat alami harus dengan sabat dan kelatenan yang kuar. Karena obat alami tidak begitu saja bisa menyembuhkan gejala asam urat yang anda alami. Jika anda menggunakan daun salam untuk pengobatan asam urat makan efek yang akan anda rasakan adalah pembengkakanpada sendi akan berkurang walaupun rasa ngilu mungkin masih terasa. Namun, hal yang paling penting adalah selain dengan mengobati asam urat menggunakan daun salam adalah anda wajib menerapkan pantangan makanan asam urat.

Cara Membuat Obat Daun Salam Untuk pengobatan Asam Urat

Ambilah 10 lembar daun salam, kemudian rebus dengan menggunakan 700cc air ditambah dengan kurang lebih 1/2 bata sere sampai terisa air 200 cc. Kemudia minumlah air rebusan tadi jika masih hangat. Minum ramuan ini dengan rutin sehari segelas atau sampai 2 gelas.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan untuk anda mengenai daun salam untuk pengobatan asam urat. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih sudah berkunjung.

Daun Salam Untuk Pengobatan Asam Urat