Cara Menurunkan Asam Urat Secara Alami

Apabila penyakit asam urat anda sedang kambuh cobalah untuk atasi penyakit asam urat dengan cara menurunkan asam urat secara alami.

Tahukah anda apa saja cara menurunkan asam urat dengan secara alami yang sebaiknya kita ketahui? Asam urat adalah salah satu penyakit yang menyerang persendian. Penyebab utamanya adalah tingginya kadar purin di dalam tubuh sehingga menempel pada persendian. Purin adalah suatu zat yang ada pada makanan baik hewan maupun tumbuhan. Apabila jumlahnya berlebihan masuk ke dalam tubuh tertentu saja akan menimbulkan salah satu penyakit bernama asam urat. Untuk itu apabila anda terkena penyakit ini ada baiknya segera menggunakan cara menurunkan asam urat secara alami. Maka dari itu, berikut ini kami paparkan bagaimana cara menurunkan asam urat secara alami :

cara menurunkan asam urat secara alami

Makanan Berserat

Apabila anda memiliki penyakit asam urat sebaiknya mulailah dengan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung banyak serat. Ada beberapa contoh makanan berserat misalnya saja brokoli, oats, seledri, wortel, sawi, tomat, dan kubis. Dengan mengkonsumsi makanan berserat tentu saja akan membantu membersihkan purin di dalam tubuh yang menempel pada persendian. Sehingga akan terhindar dan timbulnya gejala penyakit asam urat.

Sayuran

Menurunkan asam urat di dalam tubuh dapat dilakukan dengan mengkonsumsi sayuran hijau. Dengan mengkonsumsi sayuran hijau akan membantu dalam mengurangi berat badan berlebih dan menurunkan kadar gula dalam darah. Sehingga menurunkan potensi terjadinya penyakit asam urat. Contoh sayuran hijau yang dapat menurunkan penyakit asam urat yaitu seledri, dawi hijau, dan masih banyak lainnya.

Air Putih

Untuk dapat menggunakan cara menurunkan asam urat dengan cepat dan alami bisa dilakukan dengan mengkonsumsi air putih. Dengan mengkonsumsi air putih sebanyak delapan gelas setiap hari tentu saja akan dapat melarutkan purin yang ada di dalam tubuh. Air juga akan melarutkan dan membuangnya melalui urine. Sehingga kambuhnya penyakit ini akan dirasakan berkurang dan berangsur-angsur membaik.

Menghindari makanan yang dilarang

Anda harus memperhatikan mengenai apa saja makanan yang sebaiknya dihindari. Hal ini karena apabila anda melanggarnya tentu saja penyakit asam urat akan dengan mudah kambuh. Beberapa jenis makanan yang dilarang anatara lain makanan yang mengandung purin tinggi, minuman beralkohol, minuman soda dan makanan dari kedelai.

Susu rendah lemak

Apabila anda ingin mengkonsumsi susu disarankan untuk memilih jenis susu rendah lemak. Dengan mengkonsumsi jenis susu rendah lemak tentu saha akan mengurangi naiknya kadar asam urat di dalam tubuh. Sehingga ada baiknya anda memperhatikan mengenai jenis susu yang dikonsumsi setiap harinya. Jangan samapai anda mengonsumsi susu yang dilarang dan asa baiknya jangan berlebihan.

Cara pengolahan makanan

Ada baiknya memilih cara mengolah makanan dengan cara direbus atau kukus. Hindari mengolah makanan dengan di goreng atau pun bakar. Dengan demikian maka akan meminimalkan kambuhnya penyakit asam urat yang diderita. Apabila Anda ingin menggorengnya menggunakan margarine bisa saja dilakukan. Namun ada baiknya identifikasi terlebih dahulu apakah margarine yang digunakan rendah lemak atau tidak. Hal ini penting untuk mendapatkan hasil pengolahan makanan dengan sehat dan tidak memicu kambuhnya penyakit asam urat.

Daun salam

Anda bisa mengobati penyakit asam urat dengan cara menurunkan asam urar dengan cepat dan alami menggunakan daun salam. Caranya sangat mudah hanya dengan mencuci bersih dua puluh lembar daun salam. Rebus dengan empat gelas air tunggu hingga mendidih dan menyusut hingga dua gelas air saja. Konsumsi setiap pagi dan sore hari secara rutin setiap hari. Maka asam urat yang akan dirasakan menjadi lebih berkurang.

Minum cuka apel organik

Cuka sari apel organik (apple cider vinegar atau ACV) yang tinggi kalium akan membantu mekanisme keseimbangan asam-basa tubuh. Menurut Baroody dan Youngs dalam The pH Miracle, meskipun ACV mengandung asam asetat, ini membantu untuk merangsang cairan pencernaan yang meliputi bikarbonat, yang memberikan kontribusi untuk pembentukan basa dari ACV tersebut. Ketika sistem tubuh lebih basa, penumpukan asam urat tidak dapat terjadi pada tingkat yang sama seperti di lingkungan yang lebih asam.

Konsumsi vitamin C

Meningkatkan konsumsi vitamin C membantu mengurangi kadar asam urat. Health911.com menyarankan konsumsi 1.000 mg vitamin C pada awal serangan gout sampai rasa sakit reda, kemudian 500-3000 mg setiap hari untuk pencegahan dan untuk menurunkan kadar asam urat.

Cara Menurunkan Asam Urat Secara Alami