Cara Membuat Ramuan Obat Asam Urat dari Daun Mangga

Bagi Anda yang saat ini memiliki kadar asam urat tinggi, berikut ini pengobatan asam urat alami dari daun mangga. Namun sebelumnya, mari kita ketahui terlebih dahulu mengenai penyakit asam urat ini.

Penyakit asam urat adalah penyakit yang banyak dialami oleh orang Indonesia, umumnya oleh para penderita kolesterol tinggi, hipertensi atau darah tinggi dan diabetes melitus. Untuk menurunkan atau menormalkan kembali kadar asam urat dalam tubuh, biasanya seseorang akan mengkonsumi obat medis atau herbal. Untuk pengobatan herbal asam urat, berikut ini cara membuat ramuan obat asam urat dari daun mangga.

Cara Membuat Ramuan Obat Asam Urat dari Daun Mangga

Cara Membuat Ramuan Obat Asam Urat dari Daun Mangga

Daun mangga dianggap mampu menurunkan kadar purin pada penderita asam urat. Dan yang digunakan sebagai ramuan asam urat adalah daun mangga muda dari berbagai jenis mangga, contohnya yaitu mangga apel yang teksturnya lebih kasat.

Hal ini diungkapkan oleh Dedi Mulyadi yang merupakan herbalis tanaman obat bahwa daun mangga bertekstur kasat dan mengandung pelarut purin yang mampu mengurangi kristal-kristal yang menghambat dalam darah. Maka dari itu, untuk mengatasi asam urat, biasanya daun mangga dicampurkan dengan beberapa tanaman obat seperti sindah gurih, daun bondotan dan daun salam.

Adapun cara membuat ramuan daun mangga untuk mengatasi asam urat yaitu:

  • Ambil 5 lembar daun mangga muda yang masih berwarna hijau muda
  • Rebus daun mangga dengan 2 gelas air berukuran 250 cc
  • Rebuslah hingga daun mangga berwarna kecoklatan
  • Angkat dan diamkan sebentar untuk menghilangkan panas
  • Air rebusan daun mangga bisa diminum 2x sehari hingga kadar asam urat dalam tubuh kembali normal.

Adapun cara lain, yaitu:

  • Siapkan 10 gr daun mangga yang sudah dikeringkan
  • Campurkan dengan 10 gr tanaman sindagurih, 5 gr daun bondotan dan 5 gr daun salam.
  • Rebuslah ke 4 jenis daun tersebut dengan air sebanyak 500 cc atau 2 gelas
  • Rebus hingga kecoklatan
  • Diamkan hingga aire rebusan menjadi hangat.
  • Saat hangat air rebusa bisa diminum dan sebaiknya dikonsumsi 2x sehari pada saat pagi dan malam hari.

Menurut dr. Kaka Renaldi, SpPD, dokter spesialis penyakit dalam, berbagai pengobatan alternatif untuk mengatasi asam urat bisa saja dilakukan asalkan bahan yang digunakan sudah dilakukan penelitian bahan tersebut bisa menurunkan asam urat.

Artikel terkait: Selada Air Mampu Memicu Terjadinya Penyakit Asam Urat

Untuk mencegah kadar asam urat tinggi, sebaiknya Anda rajinlah untuk memeriksakan atau mengontrol kadar asam urat dalam tubuh Anda. Dan sebaiknya setiap 6 bulan sekali memeriksakan kadar tensi darah dan kandungan asam urat dalam darah. Asam urat dalam darah dikatakan normal jikatidak melebihi 3,5 mg/dl hingga 7 mg/dl bagi pria, sedangkan bagi wanita 2,5 mg/dl hingga 6 mg/dl.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam membuat ramuan obat asam urat tradisional. Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh. Aamiin

| Cara Membuat Ramuan Obat Asam Urat dari Daun Mangga