Asam Urat Tinggi

Mengetahui lebih jauhnya tentang asam urat tinggi, penyebab, dan gejalanya yang belum anda ketahui ini. Simak penjelasannya di bawah.

Kadar asam urat tinggi mengacu pada kondisi konsentrasi tinggi asam urat dalam aliran darah, yang terkait dengan kegagalan tubuh dalam mengeluarkan asam urat atau peningkatakan produksi asam urat. Memahami gejala asam urat tinggi dapat membantu anda mengobati kondisi ini dengan tepat.

Asam Urat Tinggi || Hyperuricemia yang umumnya dikenal sebagai kadar asam urat tinggi, mengacu pada jumlah asam urat yang berlebihan dalam aliran darah. Kadar asam urat yang tinggi umumnya lebih sering didiagnosis pada pria dibandingkan wanita, dan pada orang diatas usia 65 tahun.

Pemecahan purin dalam makanan yang kita makan menghasilkan pelepasan asam urat sebagai produk sampingan. Purin banyak ditemukan dalam daging dan produk daging, seperti organ dalam hewan. Biasanya, asam urat diangkut melalui aliran darah ke ginjal dan dieliminasi dalam urin.

asam urat tinggi

Faktor Penyebab Asam Urat Tinggi

Jenis kelamin

Pria memiliki resiko lebih besar mengalami gejalan serangan asam urat jika dibandingkan wanita. Hal ini disebabkan karena hormon estrogen pada wanita mampu menurunkan kadar asam urat serta memperlancar pembuangan melalui ginjal. Kadar asam urat di dalam tubuh pria meningkat selama masa puber.

Faktor usia

Sebagian besar gangguan asam urat terjadi pada orang-orang yang berusia antara 40 hingga 50 tahun. Pada wanita, penyakit ini umumnya terjadi setelah mengalami menopause. gangguan asam urat jarang terjadi pada anak-anak dan remaja.

Riwayat keluarga

Seseorang yang mengalami gangguan asam urat lebih memungkinkan hal yang sama bagi keturunannya kelak.

Zat makanan tertentu

Karena purin diekstrak dari makana, makan-makanan atau zat tersebut jika dikonsumsi akan memiliki efek langsung pada jumlah asam urat dalam tubuh. Konsumsi alkohol yang berlebihan dan kafein adalah penyebab umum dari peningkatak asam urat. Zat-zat ini sangat terkonsentrasi sehingga lebih sulit bagi ginjal ntuk memprosesnya dengan baik. Makan-makanan yang tinggi purin juga menyebabkan asam urat tinggi. Organ daging, olahan daging,teri,usus, kacang kering atau kacang polong, dan kacang-kacangan yang lain juga dilaporkan sebagai sumber asam urat tinggi.

Minum terlalu banyak alkohol

Mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol dengan dosis sedang hingga tinggi sebanyak dua gelas per hari untuk pria, atau satu gelas perhari untuk wanita, dapat meningkatkan potensi resiko asam urat. Konsumsi bir berpotensi tinggi meningkatkan resiko gangguan asam urat. Bahaya alkohol juga dapat menyebabkan penyakit paling emmatikan di dunia seperti jantung dan kanker.

Paparan timbal

Paparan timbal dalam tingkat tinggi juga dipercaya dapat mengembangkan resiko gangguan asam urat.

Kondisi kesehatan lainnya

Seseorang yang memiliki gangguan seperti obesitas, hiperteensi (tekanan darah tinggi), diabetes, kolestrol yang tinggi, hypotyroidism (gangguan tiroid), psoriasiss, anemia, hemalitik, serta gangguan ginjal memungkinkan memiliki resiko lebih besar untuk terserang gangguan asam urat.

Obat-obatan

Ada beberapa obat yang anda minum untuk menyembuhkan penyakit lain tapi memiliki efek samping meningkatkan asam urat. Diantaranya, obat yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dan jantung, seperti aspirin dan diuretik, diketahui dapat menyebabkan asam urat tinggi karena reaksinya dengan ginjal. Obat penekan kekebalan tubuh juga telah diidentifikasi sebagai penyebab meningkatnya asam urat. Kemoterpai dan radiasi untuk kanker juga dapat menyebabkan asam urat tinggi.

Penyakit terkait kanker

Hal serupa juga terjadi untuk pasien yang menderita berbagai jenis kanker atau penyakit yang berhubungan dengan kanker. Limfoma hodgkin, juga dikenal sebagai penyakit hodgkin, serta non-hodgkin limfoma adalah penyebab umum dari asam urat yang tinggi. Limfoma non-hodgkin adalah bentuk kanker yang berasal dari sistem limfatik, tetapi dapaat menyebar ke organ lainnya dalam tubuh.

Gejala Asam Urat Tinggi

Peningkatan kadar asam urat mungkin tidak terdiagnosis karena beberapa orang mungkin asimtomatik. Namun, beberapa orang dengan kadar asam urat tinggi mungkin mengalami gejala karena efek dari asam urat yang berlebihan pada tubuh mereka. Misalnya, hiperurisemia dapat menyebabkan gout (radang sendi) dan penyakit ginjal seperti batu ginjal dan gagal ginjal. Kondisi medis ini akan dieksplorasi secara rinci sebagai berikut:

– Gout berkembang karena reaksi imunologis terhadap akumulasi kristal asam urat pada sendi. Gout ditandai dengan rasa sakit yang hebat pada sendi, peradangan (pembengkakan) dari sendi, demam, dan pengelupasan kulit di sekitar sendi. Kadar asam urat melebihi 10mg/dL meningkatkan risiko pengembangan gout.

– Batu ginjal dapat berkembang pada orang yang menderita kadar asam urat tinggi, dan batu ginjal mungkin tidak terdeteksi sampai mereka terjebak dalam ureter yang dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa menyakitkan dan membuat seseorang sering buang air kecil, kencing darah, mual dan muntah. Gejala klasik dari batu ginjal adalah nyeri tiba-tiba dan intens dalam perut, panggul, dan daerah pangkal paha, yang cenderung datang secara bertubi-tubi. Gejala tambahan mencakup kencing darah dan rasa nyeri saat buang air kecil.

– Gagal ginjal. Gejala yang paling parah terkait dengan kadar asam urat tinggi adalah gagal ginjal, yang bermanifestasi menjadi kurang kencing, sesak napas, pembengkakan pada tungkai, kebingungan dan mengantuk, kelelahan, atau nyeri dada. Gagal ginjal dapat berkembang pada pasien dengan leukemia, limfoma Hodgkin dan limfoma non-Hodgkin karena kadar asam urat. Ini biasanya merupakan konsekuensi dari kemoterapi, yang membunuh sel-sel ganas.

– Penyakit lain. Meskipun penelitian terakhir telah menunjukkan bahwa kadar asam urat tinggi terkait dengan hipertensi dan penyakit jantung, hal itu masih harus diteliti apakah mengurangi kadar asam urat akan mengurangi kondisi tersebut.

Kenali rasa sakit yang Anda rasakan. Jika sakit tetap berlanjut, segera konsultasikan dengan dokter. Ingat, jangan ditunda!

Asam Urat Tinggi